Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 05 September 2013

DOMBA YANG KESEPIAN

Oleh Unsiyah A. Hadey

Sekedar intermezo saja saya ditulisan ini,

Saya masih ingat jelas dengan perkataan teman saya yang intinya seperti ini, “ Ketika domba bergerombol dengan domba yang  lainnya akan lebih aman dari pada domba yang sendiri karena akan mudah diterkam oleh Srigala”. Perkataan teman saya ini memang adalah sebuah pengandaian. Pengandaian dimana manusia yang hidupnya memiliki teman yang banyak namun juga teman yang sangat bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Misalnya saling mengingatkan ketika ada salah satu pihak yang berbuat salah, ketika bermalas-malasan dan lain sebgainya. Domba yang tidak sendiri akan melakukan kegiatannya secara bersama-sama dengan domba yang lain.  ketika mereka makan rumput yang lain akan makan rumput. Ketika mereka tidur yang lain juga kan tidur.  Ini juga bisa diibaratkan ketika manusia yang satu melakukan kebaikan yang lain dimungkinkan akan juga akan melakukan kebaikan.


Tak jauh – jauh untuk melihat contoh ini, misalnya saja anak kos/asrama yang memiliki banyak teman (teman disini berarti teman yang mengarah kepada kebaikan) dia akan bertingkah baik dengan temannya. Misalnya belajar, beribadah dan lainnya akan dilakukannya dengan seksama. Berbeda ketika kita sendiri tak ada teman yang bisa menjadi penyemangat hidup, apa-apa yang dilakukan sendiri, ketika kita malas tak ada yang menegur kita. Maka terjerumuslah kita pada “kemalasan”. Ibarat domba yang sudah diterkam serigala. L

0 komentar:

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya